Bagi kamu yang awam atau pun tidak, mengetahui seluk beluk mesin motor ini sangat penting sebelum membelinya. Apalagi kalau kamu memiliki motor berdesain kece seperti motor Vixion. Kurang afdal rasanya memiliki motor sport kece tanpa mengetahui seluk beluknya. Salah satu bagian penting dari mesin adalah air radiator. Air radiator ini adalah bagian mesin yang butuh dicek dan diganti secara berkala. Nah, ketika akan membelinya, jangan hanya cek harga air radiator Vixion ini, kenali juga seluk beluknya di bawah ini, ya. 

Fungsi Air Radiator 

Air radiator motor memiliki fungsi utama untuk mendinginkan suhu mesin. Mesin memang berkaitan erat dengan suhu. Kalau mesin panas, maka kemungkinannya untuk mudah aus semakin tinggi. Untuk mendinginkan mesin motor tentu berbeda dengan mendinginkan mesin lain. Di situlah diperlukan air radiator atau sering disebut dengan coolant. 

Meskipun memiliki fungsi mendinginkan, kamu tidak bisa menggantikannya dengan air. Selain untuk mendinginkan, air radiator ini sebenarnya memiliki fungsi untuk mencegah overheat yang tentunya bisa berakibat pada kinerja mesin. Tidak hanya itu, air radiator juga memiliki fungsi untuk mencegah mesin berkarat karena ada zat anti karat di dalamnya. Hal itulah yang membuat air radiator ini tidak bisa digantikan fungsinya dengan air biasa, ya. 

Bagian dalam Radiator Motor 

Sama halnya dengan bagian mesin lainnya, radiator sendiri juga memiliki bagian tersendiri, yakni bagian rangka atas dan bawah. Ada juga radiator core di bagian tengah. Tangka atas atau upper tank adalah bagian radiator yang terbuat dari dua bahan berupa plastik komposit serta kuningan. Fungsi utama dari rangka atas ini adalah untuk bagian transit air panas yang asalnya dari blok mesin. 

bagian yang paling penting dari radiator sendiri adalah bagian tengah yang disebut juga sebagai core radiator. Core radiator sendiri bahan dasarnya adalah aluminium dan tembaga. Bagian tengah ini memiliki peran vital dalam proses pendinginan. Di bagian ini terdapat pipa pilih yang memiliki fungsi melepas panas. Di antara pipa pipih tersebut air akan lewat disertai dengan hembusan angin sehingga setelah melewatinya air akan mendingin kembali. 

Kinerja dari Radiator Motor 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mendinginkan suhu dalam mesin motor? Nah, pada dasarnya, kinerja awal dari radiator adalah menyerap panas di mesin oleh bagian yang disebut dengan cairan radiator. Panas yang diserap oleh panas itulah yang akan disebarkan melalui pipa atau kisi. 

Pipa atau sirip kisi dari radiator memecah aliran air yang panas sembari meniupnya dengan air sehingga cairan akan mendingin. Setelah cairan pendingin, itu akan dikembalikan ke bagian mesin. Air radiator yang bekerja dengan baik ditandai oleh suhu yang tidak mencapai 90 derajat celcius. Kalau suhu terlalu lama di dalam kondisi itu, maka itu berarti diperlukan kipas ekstra untuk mendinginkannya. 

Air radiator sangat perlu untuk di cek secara berkala agar kinerja mesin tetap maksimal. Nah, apabila tambahan kipas itu tidak berpengaruh atau suhu tetap panas, maka kamu perlu untuk segera mengganti radiator tersebut. Ketika membeli air radiator, cek saja jenis air radiator yang dibutuhkan karena motor vixion tentu memiliki jenis air radiator tersendiri. Pilih saja harga air radiator Vixion yang juga sesuai bujet, ya.  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *