Buat kamu, biker yang ingin tampil sporty, tentu akan sangat memperhatikan aksesoris motor, salah satunya footstep motor. Mengganti aksesoris bawaan agar terlihat gahar bukan hal baru dalam dunia otomotif. Kamu juga bisa mengganti bagian pijakan kakinya agar semakin kuat dan kesan sporty tersebut lebih terlihat. Ada beberapa pilihan jenis yang bisa kamu pilih. Untuk kamu yang begitu paham soal footstep motor, simak tips berikut.

  • Mengenali Jenis

Sebelum membeli pijakan motor, terlebih dahulu kamu harus menyesuaikan jenisnya dengan motormu. Kalau kamu pengguna motor sport, saat kakimu harus turun, betis akan menyentuh bagian footstep. Kamu bisa memilih model lipat sehingga gerak kakimu lebih leluasa saat mendorong motor. Hal ini juga berpengaruh terhadap posisi mengendarai untuk kamu pemilik motor sport dimana posisi kakimu lebih mundur ke belakang.

Berbeda dengan tipe motor bebek dimana pergerakan kaki nyaris nggak bersentuhan dengan footstep meskipun motor yang kamu pakai memakai footstep permanen. Pada dasarnya, kamu memang harus menyesuaikan jenis pijakan motor dengan motor yang kamu punya. Tujuan dari mengenali jenis pijakan ini adalah lebih kepada kenyamanan itu sendiri. Nggak cuman soal gaya saja.

  • Memilih Cara Pemasangan

Pemasangan aksesoris motor memang terkadang ada yang sulit, maka dari itu, pilihlah varian yang pemasangannya cenderung mudah. Istilahnya pasang bingkarnya nggak terlalu susah. Tetapi kamu juga bisa memilih cara pemasangan yang lebih rumit, dikarenakan membuat pijakan kaki tersendiri yang lebih kuat, aman dan sesuai dengan kenyamanan kakimu. Lama pemasangan footstep ini biasanya memakan waktu sekitar satu jam. Kamu disarankan untuk memilih pijakan yang tebal.

  • Memilih Bahan yang Tepat

Kamu juga perlu memilih bahan yang tepat. Ada bahan dari alumunium yang tahan banting. Ada pijakan kaki underbone yang terbuat dari bahan alumunium biker dengan kualitas utama yang katanya memiliki standarisasi yang jauh lebih unggul.

  • Memilih Merek yang Unggul

Nggak cuman memilih bahan yang unggul, kamu juga harus memilih merek yang kualitasnya sudah terbukti dan diakui memiliki kekuatan dari pijakan motor merek biasa lainnya. Kamu setidaknya memilih merek yang sudah mengemas produknya dengan desain yang modis, konstruksi yang nyaman dan pas serta menjadikan posisi kakimu ideal saat duduk demi menghasilkan performa berkendara yang maksimal.

  • Mengenali Kelebihan

Ketika akan membeli pijakan motor, sebaiknya kamu mengenali terlebih dahulu tentang kelebihan dari pijakan kaki tersebut. seperti halnya jenis underbone yang bisa menjadikan tampilan motormu terlihat semakin sporty. Kamu harus mencari footstep yang dapat memanjakan posisi dudukan kakimu saat berada di atas motor. Pastikan terbuat dari bahan baku yang kuat dan lentur dan mudah dibongkar pasang. Pastikan saat kamu melakukan akselerasi di tikungan yang tajam, kamu tetap merasa nyaman dan masih mendapatkan posisi menekuk yang nyaman, maka dari itu, pilihlah pijakan yang memiliki kelebihan aerodinamis.

  • Memilih Sesuai Budget

Sudah bukan lagi rahasia bahwa ada kualitas ada harga, begitu juga tentang pijakan motor. Kamu yang berani mengeluarkan kocek yang lebih dalam untuk pemasangan pijakan kaki ini, kemungkinan akan mendapatkan pijakan kaki yang lebih tahan lama. Namun jangan khawatir, buat kamu yang berkantong cekak, kamu masih tetap bisa mendapatkan produk yang bagus asal kamu jeli dalam melihat barangnya. Saat ini sudah banyak produk-produk bagus yang nggak terlalu makan budget.

Jangan sampai salah pilih footstep ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *