Motor merupakan sebuah alat transportasi dengan beberapa bagian komponen. Bagian-bagian ini saling terkait untuk bisa membuat motor bergerak dengan baik dan sempurna. Bagaimana semua bagian dari motor ini dapat menyatu dengan baik dan tidak lepas meskipun digunakan melewati jalanan yang tidak rata? Kunci dari saling terkaitnya semua komponen dari motor ini ada pada baut motor.

Baut memiliki fungsi untuk merekatkan komponen pada kerangka motor agar bisa terpasang menjadi satu dengan kuat dan kokoh. Baut yang digunakan dalam perakitan motor tidak boleh asal, harus menggunakan baut khusus yang memang dibuat untuk merakit motor. Ketika salah satu baut di motor kamu hilang, apa yang akan kamu lakukan?

Pastinya kamu akan membeli baut yang sesuai dengan bagian baut yang hilang. Beberapa tips di berikut ini akan membantu kamu dalam memilih baut berkualitas untuk motor kesayangan kamu. Simak tips lengkapnya berikut ini.

Memilih Material yang Bagus

Baut memiliki berbagai varian material dalam pembuatannya. Ada yang terbuat dari besi baja, aluminium, duralium, duralumin dan lain sebagainya. Untuk mencari material apa yang paling baik dan juga cocok digunakan untuk motormu, perlu untuk kamu pahami beberapa karakteristik dari material pembuat baut ini. seperti bahan material baut yang terbuat dari besi atau baja ini sangat kuat ketika digunakan, tetapi rentan berkarat. Apalagi jika baut ini berada di bagian luar yang sering terkena air dan panas, karat akan dengan cepat menyerangnya.

Baut dengan jenis ini akan cocok jika kamu pasangkan pada bagian-bagian mesin motor yang tidak mudah terkena air dan sinar matahari. Bahkan mungkin akan sering terkena oli yang bisa menjadikan bahan besi atau baja ini lebih awet serta terhindar dari karat. Sedangkan untuk material aluminium memiliki massa yang sangat ringan dan umumnya kualitas dari baut yang dibuatnya adalah rendah dan mudah patah.

Untuk material dari duralium atau duralumin ini merupakan jenis aluminum yang lebih kuat dan juga tida akan berkarat. Jadi, untuk pemilihan baut menurut material pembuatnya, disesuaikan juga dengan bagian mana yang membutuhkan baut ini.

Mengikat Kuat

Seperti fungsi dari baut yang akan merekatkan setiap komponen untuk menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Kamu harus memilih baut motor yang bisa mengikat dengan kuat setiap komponen dari motor tersebut, baik itu komponen yang ada di mesin maupun komponen yang menempel pada rangka motor. selain dapat mengikat dengan baik, kamu perlu untuk memastikan juga bagian ulir atau drat baut ini tidak mudah rusak atau slek. Sebaiknya, kamu memiliki baut yang mudah dibongkar pasang.

Estetika Baut

Meskipun hanya sebuah baut, estetika dari baut ini juga perlu untuk kamu perhatikan. Estetika di sini berupa pemilihan warna dan juga model dari bautnya. Hal ini adalah masalah selera dari masing-masing orang. Jadi kamu bisa memilih baut yang berwarna warni atau baut dengan warna dasar yang netral. Hal ini juga disesuaikan juga dengan kendaraan yang akan kamu pasangi baut, lebih cocok menggunakan baut yang mana.

Pemilihan baut motor sebenarnya cukup mudah, hanya dengan memperhatikan hal-hal seperti yang dijelaskan di atas. Atau jika kamu membelinya secara langsung di toko perlengkapan motor, kamu bisa bertanya kepada penjualnya baut mana yang memiliki kualitas yang baik dan juga cocok untuk motormu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *