Box motor adalah salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki olehmu yang suka travelling dengan kendaraan bermotor. Ketika melakukan touring atau travelling dengan motor, tentunya kamu butuh untuk membawa banyak barang. Untuk itulah, kamu memerlukan box motor. Hanya saja, untuk memasang box, tentunya diperlukan braket motor. Braket ini akan membuatmu lebih mudah memasang box. Tidak hanya itu, braket juga bisa digunakan sebagai tempat untuk meletakkan barang tambahan. Nah, ada beberapa jenis braket yang perlu kamu tahu sebelum memilihnya.

  • Braket Universal

Braket yang pertama adalah jenis braket yang sifatnya universal. Artinya, Anda bisa meletakkannya di beberapa jenis motor dan beberapa jenis box sekaligus. Nah, jenis braket ini dilengkapi dengan empat baut sebagai pengaitnya. Kamu bisa meletakkannya di bagian sub frame motor. Jenis braket yang satu ini, tidak bisa digeser-geser alias memiliki posisi yang tetap.

Jenis braket yang satu ini adalah jenis braket untuk sejuta umat karena memang sifatnya yang universal. Tidak hanya itu, harganya yang termasuk terjangkau membuat braket ini banyak dipilih. Kalau kamu termasuk orang yang tidak ingin ribet memilih braket, jenis yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan di daftar teratas. Dengan harga sekitar 200 ribuan, kamu sudah bisa mengantonginya.

  • Bracket untuk Side Box

Bracket motor termasuk jenis perlengkapan yang cukup banyak jenisnya. Selain diletakkan di bagian belakang frame motor, kamu juga bisa memilih jenis bracket untuk side box. Sama halnya dengan namanya, kamu bisa menggunakan braket ini kalau memang ingin memasangnya untuk box samping atau side box.

Ada beberapa produsen yang memproduksi bracket yang satu ini. Jenis bracket yang satu ini adalah jenis yang cukup banyak dipilih oleh orang yang sangat menyukai touring jarak jauh. Tidak hanya itu, kamu yang ingin membawa akomodasi lebih banyak pun bisa memilih braket ini karena box yang dibawa bisa lebih besar dan lebih banyak dibandingkan dengan braket universal.

  • Braket Geser

Karena banyak orang terutama penggemar touring yang membutuhkan braket, jenis braket pun semakin beragam. Salah satu jenis braket yang cocok untukmu yang suka hal praktis adalah braket geser. Jenis braket yang satu ini bisa dimaju-mundurkan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi dari pengendara atau box.

Jenis braket yang satu ini termasuk jenis braket yang bisa digunakan untukmu yang suka dengan benda multifungsi. Kalau sedang membawa boncengan, tinggal geser braket ke belakang, sehingga kamu bisa membonceng tanpa melepas box. Akan tetapi, kalau memang sedang berkendara sendirian, tinggal geser kembali braket ke depan supaya berkendara tetap nyaman.

  • Braket Heavytrack

Jenis braket terakhir adalah jenis braket yang memiliki kode HR atau Heavyrack. Braket yang satu ini mirip dengan braket universal yang letaknya di belakang motor. Hanya saja, braket heavyrack memiliki penampang lebih panjang. Untuk memasangnya pun tidak pada frame tetapi pada subframe yang berada di bawah jok belakang.

Jenis braket ini bisa juga kamu kaitkan dengan baut di bagian shockbreaker atau footstep belakang, lho. Dengan demikian, braket akan bisa lebih kuat menopang beban berat. Karena memang lebih kuat dan luas, braket ini memang memiliki harga yang lebih tinggi. Kamu perlu merogoh hingga sekitar 500 ribuan untuk mendapatkannya.

Nah, pilih braket motor sesuai dengan kebutuhan, ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *