Banyaknya minat modifikasi stang motor seringkali membuat banyak orang bingung. Jenis stang yang beragam berhasil membuat para pecinta motor jatuh cinta dan ingin memiliki semuanya. Tapi, tidak semudah itu mengoleksi berbagai macam pengendali arah motor ini. Bagi kamu yang masih merasa bingung dalam memilih stang motor yang nyaman digunakan, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut.

  1. Pilih Bahan yang Kuat

Hal yang paling penting diperhatikan dalam memilih suatu produk adalah bahan atau material. Tidak terkecuali dalam memilih stang untuk motor yang harus dilihat secara detail apakah bahan produk berkualitas atau tidak. Apabila stang yang kamu pilih berkualitas, maka sudah pasti kekuatannya bisa tahan cukup lama. Tapi jika kamu salah memilih produk yang menggunakan bahan kurang bagus, maka ketahanannya harus diragukan.

Karena, stang ini berfungsi untuk mengontrol roda depan dan memberikan tumpuan ketika ingin mengendarai motor. Kualitas yang bagus biasanya terbuat dari pipa besi atau alumunium.

  1. Pastikan Stang Motor Cocok Dengan Postur Tubuh Kamu

Tips kedua memilih stang motor yang harus kamu perhatikan adalah menyesuaikan dengan postur tubuh. Jadi kamu harus lihat dari tinggi badan, panjang tangan, dan panjang kaki. Tujuannya agar ketika kamu mengendarai motor tidak akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Maka jangan sampai kamu memilih stang yang terlalu tinggi atau panjang sehingga membuat kamu kesulitan dalam berkendara.

Karena kenyamanan merupakan hal yang utama, maka postur tubuh yang sesuai dengan stang ini adalah hal penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja.

  1. Sesuaikan Stang Motor dengan Kebutuhan Berkendara

Maksud dari menyesuaikan stang dengan kebutuhan berkendara adalah seperti menyesuaikan dengan hobi. Ketika kamu memiliki hobi balapan atau cornering maka stang yang cocok adalah jepit. Karena model ini didesain untuk menambah aerodinamika atau mengurangi gesekan angin ke badan ketika mengendarai ketika pada kecepatan tinggi.

Berbeda jika kamu pergi touring yang tidak cocok jika menggunakan stang jepit. Jadi, stang yang cocok kamu gunakan adalah model lebar atau fatbar.

  1. Jangan Lupa Atur Budget Kamu

Tips yang tak kalah pentingnya adalah menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jadi, meskipun kamu menyukai salah satu stang tapi harganya terlalu tinggi maka sebaiknya kamu menyesuaikan dengan uang yang sedang kamu miliki. Sebaiknya kamu menyesuaikan moel yang kamu sukai dengan isi dompetmu.

Karena perlu kamu ketahui bahwa kualitas dari stang tidak dilihat dari harganya. Melainkan dari bahan material yang digunakan dari stang tersebut.

  1. Pastikan Ukuran Tidak Terbentur Kondisi Lapangan

Kamu bisa menyesuaikan dengan lingkungan kamu, karena yang dikhawatirkan adalah stang terlalu lebar untuk jalan menuju rumah. Jadi, sebelum kamu membeli stang sebaiknya perhitungkan seberapa lebar dan tinggi lingkungan kamu. Biasanya, hal ini seringkali diabaikan oleh banyak orang.

Alhasil, orang-orang tersebut kesulitan ketika memasukkan motor ke dalam rumah. Untuk menghindari hal ini maka kamu harus benar-benar membutuhkan perhitungan yang matang dan memperkirakan apakah lingkungan mendukung dengan stang kamu atau tidak.

Dari kelima tips ini kamu bisa memilih stang motor yang nyaman digunakan dan cocok untuk kamu. Jika sampai salah memilih stang yang tidak sesuai dengan model motor kamu, maka akan berpengaruh pada keselamatan dalam mengendarai motor. Itulah mengapa sangat penting bagi kamu mengikuti lima tips memilih stang yang sudah ditulis di atas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *