Mur motor adalah komponen yang pasti dibutuhkan. Terutama untuk kamu yang ingin melakukan modifikasi motor atau sekedar melakukan perbaikan karena ada yang rusak, pasti menambahkan mur baru dibutuhkan.

Penambahan mur baru ini biasa dikarenakan yang lama sudah rusak. Atau mungkin modifikasi motor yang ingin kamu lakukan totalitas sehingga komponen terkecil seperti mur pun harus bisa seirama. Apapun yang kamu inginkan, simak dulu saja apa saja tips memilih mur untuk motor.

  1. Memilih Bahan yang Berkualitas

Mur motor yang tersedia di pasaran saat ini ditawarkan dengan tiga jenis material, material baja, aluminium, dan duralium. Karakteristik ketiga bahan ini berbeda-beda, dan justru karena perbedaan ini bisa didapatkan bahan yang paling baik.

Material seperti baja sebenarnya paling kuat, namun sayangnya sifatnya mudah berkarat. Kemudian ada material aluminium, material ini sebenarnya ringan sehingga lebih mudah diaplikasikan, namun sayangnya dari segi kualitas aluminium ini kualitasnya buruk untuk skala mur.

Terakhir ada duralium yang dinilai paling baik. Dari segi kuat atau tidaknya, sifatnya cukup kuat meskipun tak sekuat baja. Namun bahan duralium ini juga memiliki sifat tidak mudah berkarat. Perpaduan antara tidak mudah berkarat dengan kuat ini menjadikan mur bahan duralium sebagai bahan paling oke.

  1. Belilah yang Mudah Untuk Dibongkar-Pasang

Jika memungkinkan, kamu bisa memastikan mur yang kamu pilih adalah mur terbaik dengan mencoba untuk melakukan pasang dan bongkar. Jika saat kamu mencoba memasangnya dan kemudian membongkarnya terasa mudah-mudah saja, maka itu artinya mur yang kamu pilih bagus.

Namun jika setelah dipasang dan ternyata sulit untuk dibongkar kembali, kamu harus memilih yang lain. Tentunya kamu tidak mau mur yang kamu gunakan nanti akan menyusahkan sendiri bukan? Lagipula, masih ada banyak pilihan mur yang bisa kamu beli.

  1. Perhatikan Bagian Ulir dan Drat

Ada bagian dari mur yang harus diperhatikan, yaitu bagian ulir dan drat. Apa yang harus diperhatikan adalah untuk memastikan dua bagian ini tidak slek atau rusak. Mudah saja untuk memastikannya, kamu hanya perlu memperhatikan jalannya ulir pada mur yang akan kamu beli.

Apakah di sana polanya masih bagus, atau ada yang sudah pecah atau terkikis. Sebab, mur yang pola ulirnya sudah tidak bagus atau tidak sesuai dengan seharusnya, maka jelas tidak bisa dipakai. Kalau pun masih bisa dipakai, kemampuannya dalam memperkuat baut atau komponen lain akan berkurang. Alhasil, kurang aman untuk kamu yang memakai motor dengan mur itu.

  1. Kenali Perbedaan Warna dan Desain

Jika kamu butuh mur untuk melakukan modifikasi, maka pastikan kamu sudah memilih mur dengan warna dan desain yang sesuai. Seperti misalnya menyamakan warna cat logam dengan warna murnya, pasti akan lebih menarik.

Apalagi memang sekarang ini sudah banyak mur dengan banyak pilihan warna dan pilihan desain. Kamu bisa memilih sesuka hati sesuai dengan modifikasi yang dilakukan.

Kamu juga bisa memilih mur sesuai dengan jenisnya, apakah yang kamu butuhkan mur castle nut, mur bertutup, atau mur heksagonal. Masing-masing memiliki bentuk yang berbeda, juga fungsi spesifik yang berbeda.

Kini tidak sulit lagi untuk menemukan mur motor yang benar-benar bagus. Di sisi lain kamu juga sudah bisa menemukan mur yang sesuai dengan keinginan, keinginan untuk melakukan modifikasi misalnya. Selamat mencoba!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *