Sebagai salah satu bagian terpenting pada kendaraan, kamu tentu harus mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam memilih spion motor. Alat yang memiliki peran penting dalam kendaraan bermotor ini memang memiliki banyak jenis sehingga pengendara harus cerdas dalam memilih yang terbaik. Bagi kamu yang mungkin masih bingung dalam memilih spion, berikut 5 tips dalam memilih salah satu perlengkapan pada motor kamu.

  1. Sesuaikan Spesifikasi Spion Dengan  Motornya

Pasti tidak semua model spion yang ada bisa cocok dengan motor kamu. Karena memang terdapat beragam bentuk kaca yang bisa kamu pilih sesuai selera. Tapi, sebelum membahas soal selera akan lebih baik jika kamu tidak mengabaikan poin penting ini.

Biasanya, pembagian model spion yang bisa dipilih akan dibedakan mana khusus untuk motor matic, bebek dan moge. Jadi, jangan sampai kamu salah dalam memilih sehingga akan membuat penampilan motor kamu terlihat aneh. Mengingat salah satu fungsi spion juga untuk menambah aksesoris pada motor.

  1. Sesuaikan dengan Selera dan Kebutuhan

Setelah kamu mengetahui jenis atau bentuk seperti apa spion yang cocok dengan motor kamu, selanjutnya sesuaikan dengan selera sendiri. Mungkin bisa menyesuaikan dengan warna favorit dan bentuk yang pas dengan hati kamu.

Karena selain memang suatu kewajiban, spion ini juga sebagai aksesoris yang artinya harus kamu buat semenarik mungkin menurutmu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa merawat motor dengan baik karena tentu kamu tidak ingin barang yang disukai rusak, kotor atau lain sebagainya

  1. Pilih Spion yang Memiliki Kaca Cembung

Selanjutnya, pilihlah spion motor yang memiliki kaca cembung agar kamu bisa dengan jelas melihat apa yang ada di belakang. Meskipun spion dengan kaca datar sudah jelas, tapi yang dianjurkan dan lebih baik untuk kamu gunakan adalah  cembung. Selain itu, dengan menggunakan kata cembung, kamu dapat menjangkau pandangan lebih luas.

Tapi, saat ini banyak sekali orang yang lebih memilih menjadi pengguna spion kaca datar. Padahal polisi atau petugas lalu lintas pun sudah mengingatkan agar para pengendara motor menggunakan kaca cembung untuk melengkapi kendaraannya.

  1. Belilah Spion Motor dengan Tangkai yang Tepat

Selain kaca, bagian spion yang harus kamu perhatikan adalah tangkainya. Jangan sampai kamu memilih terlalu pendek atau terlalu panjang. Karena, ketika kamu menentukan tangkai yang terlalu panjang tentu akan sangat mengganggu pengguna jalan lainnya. Sedangkan jika kamu memilih yang terlalu pendek akan membuat kamu tidak bisa memanfaatkan spion dengan jelas. Maka dari itu, pastikan tangkai yang digunakan pas dan sesuai dengan motor.

  1. Pastikan Spion yang Kamu Pilih Berkualitas

Setelah kamu mengetahui keempat tips di atas, selanjutnya kamu hanya perlu memilih spion yang berkualitas. Baik di toko online maupun offline, kamu harus cermat dan teliti dalam memilih.

Pastikan spion yang akan kamu beli sesuai dengan keinginan, berkualitas dan harganya terjangkau. Kualitas ini bisa kamu lihat dari kaca dan bahan dari bingkai serta tangkainya.

Itulah beberapa tips  yang bisa kamu terapkan dalam memilih spion motor agar terhindar dari tilang polisi dan kecelakaan. Banyaknya orang yang seringkali mengabaikan beberapa tips di atas membuat angka kecelakaan semakin meningkat dan pelanggar lalu lintas pun juga terus bertambah. Bagi kamu yang mungkin belum memiliki spion sesuai dengan standar tidak ada salahnya untuk membeli lagi demi keselamatan bersama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *